Cookies on the Michelin Site

For an optimale navigation, MICHELIN website use navigation cookies. Click on the   link for more informations Validate

aktivitas terbaru
Anda
!

Welcome to your history toolbox

We've saved important information from your previous searches to make your life easier.

???private_mode_title???

???private_mode_text???

Ban terakhir yang dilihat

Dealer terakhir yang dilihat

Pencarian terakhir

Penuaan

 


Aus dan sobekan yang kelewat batas dapat mempengaruhi kinerja ban dan bahkan kelayakannya di jalan.

 

Inilah mengapa tidak ada kaitan antara umur ban dengan pemakaian karena hal tersebut sepenuhnya bergantung pada bagaimana ban tersebut disimpan dan digunakan.

 

Misalnya, sebuah ban baru dibiarkan atau disimpan di samping sebuah gardu listrik dapat menunjukkan tanda-tanda kerusakan ke samping (retak) yang tidak dapat diperbaiki meskipun setelah beberapa hari saja. Hal ini akan mempengaruhi kinerja dan tekanan ban tersebut.

Batasan penggunaan


Jika batasan legal atau teknis keausan tapak ban telah terlampaui di titik manapun di bagian tengah ban, mau tidak mau ban harus diganti.

 

Batas teknis ditunjukkan oleh indiktor keausan tapak ban (0,8mm pada ban MICHELIN). Utamakan batasan legal ketika ada, batas ini lebih diutamakan daripada batas teknis (karena biasanya lebih ketat).

Rekomendasi masa pakai ban


Ban terbuat dari karet dan senyawa lainnya karena sifat-sifat zat tersebut merupakan bagian penting yang mempengaruhi kinerja ban.

 

Sifat-sifat ini berubah dari waktu ke waktu dan mungkin tergantung pada berbagai faktor yang terjadi pada ban sepanjang masa pakainya: cuaca, kondisi penyimpanan, penggunaan (beban, kecepatan, tekanan...). Faktor-faktor yang bermain dalam pemakaian ban sangat bervariasi sehingga mustahil memprediksi secara tepat berapa lama ban akan bertahan.

 

Sudahkah ban sepeda motor/skuter anda diperiksa secara berkala oleh seorang profesional yang ahli selain pemeriksaan yang rutin anda lakukan.

 

Setelah 5 tahun pemakaian, mulailah periksakan ban setahun sekali.

 

Setelah 10 tahun pemakaian, untuk langkah pencegahan, gantilah ban anda dengan ban baru meskipun ban dimaksud terlihat dalam kondisi baik dan bahkan ketika ban belum mencapai batas legal keausan tapak. Langkah ini seyogyanya juga diterapkan pada ruang udara dan aksesoris karet (strip pelek...) ban, kecuali jika pabrikan menyatakan sebaliknya, seperti pada MICHELIN Bibmousse.